Rabu, 09 September 2020

Selamat Jalan Jakob Oetama

 



Dalam pidato saat Penerimaan Penganugerahan Gelar Doktor Honoris Causa dalam Bidang Komunikasi dari Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta, 17 April 2003, @jakoboetama menyampaikan Antara Jurnalisme Fakta dan Jurnalisme Makna. 


Menurut Pak JO, berita bukan sekadar fakta menurut urutan kejadiannya, bukan fakta secara linier, melainkan fakta yang mencakup. Berita harus disertai latar belakang, proses dan riwayatnya. Dicari interaksi tali temalinya. Diberi interpretasi atas dasar interaksi fakta dan latar belakangnya. Ditemukan variabel-variabelnya. 

Dengan cara itu berita bukan sekadar informasi tentang fakta, berita sekaligus menyajikan interpretasi akan arti dan makna dari peristiwa.


Pak JO juga menyampaikan pekerjaan media bukan saja profesi tetapi panggilan hidup. Tugas ikut mencerahkan anak bangsa tugas membangun masyarakat madani, tugas membawa masyarakat kepada komitmen dan kehendak menyejahterakan bangsa, tugas-tugas itu patut dan menuntut komitmen wartawan sebagai panggilan hidup!


Terima kasih, Sugeng kundur @jakoboetama, tokoh pers sekaligus guru dan pengusaha yang telah ikut mencerahkan bangsa.


#ripjakoboetama #kompasgramedia #press #pers #persindonesia #jakoboetama #wartawanindonesia #persatuanwartawanindonesia #jurnalist

0 komentar:

Posting Komentar